Perjuangan UTBK si Pemalas #CeritaZenius

Assalamualaikum. Halo semuanya, kenalin nama gw Faisal. Disini gw mau ngasih tau cerita gw dalam utbk dan sbmptn pake zenius. #ceritazenius






Sebenernya gw nggk terlalu bisa buat nulis nulis gitu di blog. Ini aja baru pertama kalinya wkwk maap ya kalo gw agak kurang memahami menulis di blog, banyak pengulangan kata, atau tanda bacanya nggk diperhatiin. Gw bakal sebisa mungkin nyeritain perjalanan gw dengan jelas dalam menghadapi utbk 2020 kemarin yang Alhamdulillah gw akhirnya bisa diterima di pilihan pertama gw yaitu, Arsitektur UGM.

Latar Belakang di SMA

Ok, pertama gw mau nyeritain dulu latar belakang gw waktu di SMA itu gimana. Dulu gw sekolah di SMAN 54 JAKARTA yang mana kata orang orang itu sekolah favorit, padahal menurut gw biasa biasa aja sih wkwk. Di SMA, gw menjadi siswa yang jarang banget belajar, selalu males malesan kalo lagi guru nerangin. Waktu awal kelas 10-12 pun gw masih sering banget maen game bareng temen temen gw di kelas ketika guru lagi ngajar (maap ini salah, mohon jangan ditiru). Menurut gw hal inilah yang ngebuat gw males banget buat ngerjain tugas atau pr, biasanya gw kalo ada pr gitu gw kerjain mepet mepet sama deadline atau nyontek temen pas paginya di sekolah hehe.

Aktivitas gw selain maen game disekolah, gw juga ikut suatu organisasi/ekstrakulikuler di sekolah, yaitu Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Disini gw mengemban tanggung jawab sebagai ketua umum. Walaupun gw sering maen game, setidaknya ada sisi positif dalam diri gw yaitu berani ngambil tanggung jawab sebagai seorang ketua. Menurut gw disinilah salah satu titik terang dalam hidup gw yang ngebuat diri gw menjadi lebih baik lagi. Dari awalnya gw takut buat ngomong didepan umum, grogi ketemu orang, males-malesan, takut ngambil resiko, nggk berani tanggung jawab, manja ke orang tua, menjadi seseorang yang melampaui dirinya yang sebelumnya. Dari sinilah gw berani buat ngambil keputusan kuliah di luar kota agar bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak menjadi anak yang manja (oh iya, gw itu anak ke-3 dari 3 bersaudara, jadi paling bontot/terakhir). 

Dulu gara gara kebanyakan organisasi, gw jadi jarang banget ngerjain tugas sekolah, ulangan pun juga jarang belajar. Salahnya, fokus gw dulu cuma terpaku sama organisasi aja, harus kelar semua program kerjanya dengan baik. Jadi, buat belajar pun banyak yang gw hiraukan. Tapi dari organisasi gw belajar banyak hal, terkait pertemanan, tanggung jawab, public speaking, dan sebagainya. Jangan dicontoh ya teman teman, harus bisa membagi waktu dengan baik antara ekskul dan juga pelajaran hehe. Emang agak susah sih, tapi kita harus selalu bisa berproses.
                                                    Ini gw yang ada didepan banner ^

Waktu itu gw pernah saking penasarannya sama rangking gw di sekolah, gw sama temen gw akhirnya pergi ke ruang bk buat nanyain terkait rangking. Trus guru bknya ngasih liat buku yg isinya rangking-rangking siswa sekolah. Pas dibuka, alamak, disitu tertulis gw rangking 124 dari 144 siswa ipa (paralel). Tapi, pas liat rangkingnye, gw malah biasa aja, ketawa ketawa aja bareng temen gw yg rangkingnya nggk beda jauh dari gw wkwk. Gw emang nggk terlalu terpikat sama SNMPTN dari dulu karena dulu waktu awal masuk SMA sempet dikasih tau sama abang gw kalo jangan terlalu terpaku sama yang namanya SNMPTN, soalnya itu cuma hoki hokian (keberuntungan) aja. Abang gw cerita itu karna dulunya dia emang pinter bgt, tapi nggk lolos seleksi SNMPTN. Sebenernya yang dikasih tau abang gw bener, yaitu gw jangan terlalu banyak berharap sama SNMPTN, takutnya ketika nggk dapet malah banyak sedihnya, trus blom bisa siapin buat UTBK nanti. Tapi salahnya gw dulu menafsirkan bahwa SNMPTN itu sulit/susah diraih buat orang yang berada di tingkat bawah kayak gw, jadinya gw lebih fokus ke SBMPTN hehe.

Oh iya dulu gw dari semester 1 sampai semester 4 kalo nggk salah, itu nilai fisika gw bener bener ancur, isinya 75 (pas KKM) semua. Mungkin karna gwnya yang males belajar sama terlalu banyak ngurus organisasi yang gw pegang. Tapi kebanyakan temen temen gw bilang emang karena gurunya pelit nilai sama ngajarnya agak susah buat dipahamin.

Ini foto waktu input nilai rapot buat ujian mandiri UGM kemaren. Bener bener nggk ada yg bisa dibanggakan wkwk


Oke lanjut ke bagian persiapan UTBK

Pada awalnya gw memang tertarik buat belajar utbk awal awal masuk kelas 12. Gw mulai berlangganan dari zenius disaranin sama temen abang gw yang lolos diterima di Arsitektur UGM lewat jalur mandiri. Sebenernya gw mulai tertarik masuk arsi karena temen abang gw ini. Dulu gw sedikit meragukan zenius, soalnya baru denger ada bimbel online namanya zenius, trus template desainnya keliatan polos polos aja nggk ada warna/animasinya. Akhirnya gw coba buat belajar utbk dari sana. Seneng banget, pertama kalinya gw ngerti materi tentang matriks yang dulu saat kelas 11 gw nggk terlalu ngerti materi ini. Waktu itu di videonya yang ngajarin bang Sabda PS. Bang Sabda ngajarinnya enjoy, enak banget buat didengerin, kayak diajarin teman sebaya. Trus gw paling sukanya zenius itu lebih mengutamakan konsep dasar dari suatu rumus daripada cara cepatnya. Emang kalo lagi ujian kita butuh mengerjakan dengan cepat biar nggk kebalap sama waktunya, tapi sebelum itu kita perlu tau kenapa bisa cara cepatnya seperti ini, gimana konsep rumus dasarnya. Belajar konsep itu supaya kita nggk terlalu banyak menghapal rumus, tapi memahami rumus. 


                                                                      Mantap bang Sabda


Awal awal itu sistem utbk masih agak susah menurut gw, dari mulai TKA Saintek yang isinya Fisikia, Kimia, Biologi. Fisika gw di SMA pun juga masih kurang, jadi menurut gw agak berat di bagian TKA. Makanya dulu gw lebih suka belajar TPS karena lebih mudah aja dipahamin dan katanya bobot nilainya pun lebih besar, yaitu 60% kalo nggk salah. 

Waktu itu udah sekitar Januari 2020, gw sempet ngedown dulu karna pas awal awal, gw sering ikut TO Online tapi hasilnya nggk terlalu memuaskan, skornya kisaran 300an aja. Emang sih pas gw TO Online gitu, TKAnya gw ngasal semua karena emang blum bisa TKA. Disitu sempet terlintas kalo gw emang blom mampu ikut SBMPTN, merasa masih kurang. Tinggal beberapa bulan lagi buat ngehadapin UTBK bulan mei/juni kayaknya. Saat itu, persiapan gw cuma belajar TPS doang, TKA belum banyak yang gw pelajarin. Trus gw sempet beralih dari pengen masuk Arsi UGM ke Jurusan Animasi di STMM Yogyakarta. Gw beralih ke STMM karena emang seneng animasi sama ingin kuliah di jogja juga. Untuk kuliah disana itu, ujian masuknya nggk pake UTBK, jadi lebih ke tes masuk pake TPA, jadi lebih mudah ketimbang UTBK yang isinya TPS sama TKA. Akhirnya untuk sementara waktu gw udah jarang belajar utbk sekitar 1 bulan karena untuk mempersiapkan tes TPA. Gw udah merasa emang blum ada harapan buat masuk Arsitektur UGM, karena kalo diliat juga di internet, katanya arsi ugm itu termasuk 10 jurusan yang paling banyak diminati di Indonesia. Gw yang dulu skornya sebatas 300-an sama rangking bawah pun merasa blum berhak masuk sana.



Waktu pun berlalu, Maret 2020 datang menghampiri. Wabah covid-19 sudah mulai menyebar yang menyebabkan sekolah gw di tutup untuk waktu yang lama. Disekolah gw maupun sekolah lain, UN ditiadakan karena wabah pandemi yang semakin menyebar. Kami dituntut untuk belajar online dirumah. Gw disitu agak sedikit senang, karena emang blum banyak belajar materi UN dan juga nggk perlu ke sekolah lagi. Jadi lebih banyak buat persiapin tes masuk kuliah.

Pada pertengahan Maret/April, lupa gw, pihak LTMPT memberitakan suatu informasi yang sangat mengembirakan buat gw maupun sebagian orang. Mereka memberikan informasi/pengumuman tentang UTBK bahwa materi tes TKA pada UTBK ditiadakan dan hanya TPS saja serta tanggal ujian tesnya diundur hingga bulan Juli. Alhamdulillah, dibalik kesulitan kita dalam menghadapi pandemi ini pasti ada suatu kemudahan. Di suatu musibah pasti ada hikmahnya. Gw bener bener bersyukur kepada Allah SWT telah memberikan harapan buat gw dalam menghadapi UTBK. Gara gara informasi dari ltmpt, sebagian orang yang sudah belajar banyak materi TKA mungkin terasa sia-sia, tapi untuk gw ini adalah sebuah peluang bagi gw yang dulu hanya belajar TPS saja. Akhirnya gw sudah tidak belajar TPA lagi dan mengurungkan niat untuk kuliah di STMM Yogyakarta karena menurut gw, gw masih bisa dalam menghadapi UTBK tahun 2020 ini dan masuk Arsitektur UGM.


Perjuangan Belajar UTBK

4 Bulan gw belajar TPS dari zenius dalam menghadapi UTBK memang terasa sulit. Pandemi ini ngebuat kita para pejuang SBMPTN harus mau nggk mau belajar secara online. Nggk ada guru yang bisa ditanyain kalo nggk ngerti, nggk bisa diskusi sama temen secara luring, dan harus bisa belajar mandiri. Menurut gw perjuangan belajar online ini memang sulit karena disisi lain kita nggk bisa nanya kalo kesulitan, kita juga harus bisa memanage waktu dan menjauhkan diri dari hal hal yang nggk penting, misalkan main game, nonton youtube, dll.

Gw juga sempet males malesan pas pertengahan perjalanan, gw merasa bosen tiap hari cuma belajar belajar terus. Gw sering banget kecolongan main game, nonton youtube. Disitu gw merasa kalo gw nggk bisa kayak gini terus, nggk bisa manajemen waktu, melakukan hal hal yang nggk penting. Disitu gw nemu suatu video di zenius tentang menentukan motivasi dan goals/tujuan. Di video itu bang sabda ngasih tau, kalo untuk menemukan motivasi diri nggk cuma dari luar aja (nonton video motivasi) tapi dari dalam diri sendiri. Cari tau kenapa sih kita pengen masuk jurusan sama universitas yang kita pengenin. Trus bang Sabda bilang tulis semua goals/tujuan yang pengen kita tuju, jabarin gimana caranya buat menggapai tujuan itu. Menurut gw, mimpi/tujuan/goals itu jangan cuma dipikirin, disimpen dalam otak, tapi kita harus tulis biar kita tau dan terarah sama tujuan itu.
  
Yaudah abis dikasi tau bang Sabda di video itu, gw coba buat beli stereofoam sama paku yang kecil, trus print/gambar kertas tentang motivasi sama goals yang gw pengenin. Awalnya gw skeptis sama yang beginian. Gw awalnya ngerasa kalo bikin gini sia sia doang, buang buang duit 10rb beli stereofoam. Tapi nggk papa nggk ada salahnya juga. Kata ibu gw, buat gini juga bagus untuk afirmasi dalam diri kita.

Ini foto keseluruhan motivasi serta goals yang gw tulis dan print

Ini gw tulis "Kenapa kamu milih arsitektur UGM" sampe gw jabarin banyak poin.

Gw juga sampe edit foto gw lagi make jas almet UGM wkwk
Untuk foto gw yang di teknik arsitektur sama depan UGM itu gw foto waktu jalan jalan bareng keluarga di jogja.

Trus ini ada plan gw kedepannya waktu beberapa minggu lagi menjelang utbk. Misalnya hari ini gw harus belajar materi apa, minggu ini harus dapet skor berapa, dll.


Gw bikin ini semua biar gw termotivasi selama belajar. Stereofoam ini gw tempel didepan meja belajar gw, yang mana ketika gw males malesan, gw bisa liat ke depan dan straight to the goals.

Beberapa kali gw juga sempet males malesan, walaupun gw udah buat kayak begini. Cara gw dulu kalo nggk semangat yaitu nonton PPSMB UGM (OSPEKnya UGM) di youtube. Gw kalo nonton video itu bawaannya pengen nangis trus wkwk, tapi itu bisa membuat gw semangat buat belajar lagi. Berasa ngerasain lagi PPSMB UGM.

Menjelang UTBK

Setelah banyak belajar materi dari zenius, waktu itu pendaftaraan SBMPTN dan UTBK udah di buka. Kita udah boleh langsung milih jurusan dan pusat UTBK yang deket sama rumah kita. Disitu gw bimbang buat milih pilihan pertamanya Arsitektur UGM dan pilihan keduanya Arsi ITS. Saat itu nilai skor TO gw masih belum cukup memadai sama passing gradenya. Gw juga dikasih tau sama kaka pengajar di bimbel (gw ikut bimbel offline) katanya pilihan jurusannya jangan terlalu besar/susah takutnya nanti malah nggk keterima 2 2nya. Waktu itu gw disaranin buat milih Arsi ITERA, tapi gw nggk terlalu minat disana. Akhirnya gw coba buat sholat istikharah minta pertolongan pada Allah SWT agar tidak bimbang dalam memilih pilihan dan mendapatkan pilihan yang terbaik. Lalu, gw coba ngobrol dan konsultasi sama ayah gw terkait pilihan yang bakal gw pilih nanti. Alhamdulillah, ayah gw support gw buat jadiin Arsitektur UGM jadi pilihan pertama. Bapak gw waktu itu bilang "Ayah yakin sama kamu, ayah liat kamu sering belajar di kamar. Sekarang, banyak orang orang yang susah belajar/membagi waktunya selama pandemi ini. Banyak yang terdistraksi sama hal hal lain. Ayah yakin kamu pasti bisa." (kurang lebih seperti itu seinget gw). Dengan rasa terharu karena gw jarang denger bapak gw ngomong kek gitu ke gw, akhirnya gw langsung memantapkan niat gw buat jadiin Arsitektur UGM jadi pilihan pertama dan Arsi ITS jadi pilihan kedua.

Waktu itu ada beberapa temen gw yang ngebuat gw sedikit nggk tenang setelah selesai input pemilihan jurusan. Waktu gw kasih tau gw milih Arsi UGM sama Arsi ITS, ada temen gw bilang "Wih berat tuh pilihannya 2 2nya." dan juga dulu sebelum pandemi ada temen gw yg meragukan pilihan gw, dia bilang "Sal, milih yang realistis aja." Namun, Alhamdulillah, gw selalu disupport sama keluarga gw, ibu, bapak, sama abang abang gw. Menurut gw, boleh kita mendengarkan apa yang mereka katakan, tapi jagan dibawa ke hati, cukup sampai ke otak aja.


Saat itu LTMPT memberikan informasi terbaru lagi bahwa UTBK akan dijadikan 2 gelombang. Gelombang 1 tanggal 5-12 Juli, gelombang 2 tanggal 20-27 Juli.  Alhamdulillah gw dapet di tanggal 22 Juli, jadi masih banyak kesempatan buat belajar.

Tanggal 22 pun datang. Gw memilih pusat utbk di UI karena disuruh bapak gw. Di perjalanan ke tempat utbk, perasaan gw masih agak panik. Jantung gw berdebar debar gitu wkwk. Gw juga banyakin dzikir dan sholawat saat di perjalanan untuk menenangkan hati gw yang panik. Setelah sampai di UI, gw sholat dzuhur dulu di masjid UI karena gw dapet ujiannya di sesi ke 2. Paniknya gw pas mau masuk ke masjidnya, kan di tes pake termogun dulu, nah hasil tesnya, gw itu panas. Bingung gw disitu, masa udah jauh jauh berjuang utbk tiba tiba kena corona. Gw ditahan sementara sama satpam di masjidnya. Untung satpamnya bilang kalo emang hari ini lagi panas, jadi kayaknya gw emang gara gara di luar terus jadi pas di tes suhunya tinggi. Alhamdulillah ternyata bener, setelah gw disuruh ngadem dulu deket bapaknya, gw dites lagi, hasilnya gw aman. Setelah gw sholat di masjid, gw ditemenin ibu gw pergi ke tempat utbknya yaitu di gedung RIK. Setelah sampai didalem, gw langsung menuju ke arah ruangan tesnya, tapi ternyata belum buka yang mengharuskan gw duduk dulu di kursi depan sebelum mulai UTBK. Disana gw ngobrol sama peserta lain buat ngurangin kepanikan gw, lupa gw namanya siapa soalnya nggk nanyain sosmednya wkwk.


Ruangan pun sudah dibuka, kami langsung baris dulu di depan ruangan, trus masuk satu satu. Didalem ruangan dingin banget gw sampe ke wc sekali sebelum mulai ujian. Ujian pun dimulai, awal awal gw dapet tes PBM dulu, terakir dapet B.Inggris. Alhamdulillah gw bisa selesai ujiannya, walaupun ada beberapa yang ngasal. Gw disitu agak takut dapet skornya dikit, karena Bahasa inggrisnya susah banget.


Pengumuman UTBK

Alhamdulillah semuanya sudah selesai, tinggal menunggu pengumuman utbk yang dinanti nanti. Tanggal 14 Agustus 2020 merupakan tanggal yang akan membuat beberapa orang senang dan beberapa yang lainnya sedih. Jam 15.00 WIB merupakan jam dimana pengumuman kelulusan UTBK dapat dibuka dan bisa dilihat. Saat sebelum jam 15.00 WIB, aku berdoa kepada Allah SWT dan meminta doa kepada keluarga ku terutama orangtuaku agar diterima di Universitas Gadjah Mada jurusan Arsitektur. Saat itu gw berusaha buat nenangin hati gw supaya ketika melihat pengumuman, mau lulus atau tidaknya, gw tidak terlalu bersedih hati. Bapak gw juga bilang lewat wa "Semangat le, berhasil bukan segalanya, gagalpun bukan kiamat."

Saat jam digital di komputer tepat pada 15.00 WIB, semua temen gw langsung ngecek di website ltmpt dan ngasih tau hasilnya gimana. Banyak yang tidak lolos, dan sedikit yang berhasil. Disitu gw mulai ragu buat ngeceknya, gw memantapkan niat gw buat buka pengumuman setelah sholat ashar karena adzan sudah berkumandang dan juga untuk menguatkan hati. Ternyata ketika ingin beranjak, tiba tiba bapak gw video call di grup keluarga. Bapak gw emang waktu itu minta nomor peserta gw karena penasaran pengen ngecek pengumuman sendiri. Gw disitu spontan bingung kenapa bapak gw nelpon. Setelah gw buka vidcallnya, disitu bapak gw sedikit berkaca kaca di matanya dan mengacungkan jempol. Disitu gw agak berpikir negatif kalo bapak gw kek gitu buat nyemangatin gw karena ternyata nggk lolos utbk. Terus gw tanya, kenapa yah? Dengan sedikit sedih ngeliat bapak gw keliatan mau nangis. Alhamdulillah, bapak gw langsung ngomong "ARSITEKTUR UGM!" dengan nada bicara yang tersendat sendat menahan sedih dan nggk bisa ngomong apa apa lagi selain kata itu. Gw langsung pengen nangis disitu, gw bilang "boong yah?" buat klarifikasi aja, kali aja bapak gw boong kwkwk (aneh banget pikiran gw kalo lagi panik). Akhirnya gw coba cek sendiri lewat komputer dengan memasukkan nomor peserta sama tanggal lahir.

 Dan... Alhamdulillah, keluarlah sebuah pengumuman yang membuat gw mengeluarkan air mata dan nangis sekenceng kencengnya sambil mengucap rasa syukur kepada Allah SWT karena dirumah gw sendiri, jadi lebih enak kalo berisik. Rasa terharu dan kagum sama diri gw nggk terbendung, disitu gw masih vidcall sama bapak gw, jadi kyknya bapak gw denger suara gw nangis. Bapak gw langsung ngasih info ke grup keluarga. 




 

Alhamdulillah. Masya Allah. Sekarang gw udah kuliah di Arsitektur UGM. Menurut gw, bukan hal yang mudah buat gw yang dulu di sekolah rangking 124 dari 144, ternyata diterima di Arsitektur UGM yang mana cuma 2 orang aja yg diterima di UGM di sekolah lewat jalur SBM, salah satunya gw. Nggk nyangka juga awalnya udah kayak mimpi, diterima di salah satu jurusan paling banyak diminati di Indonesia. Gw juga liat diinternet perbandingan yang lolos Arsi UGM sama yang pilih jurusan Arsi UGM itu 1:42 Orang. Alhamdulillah gw berhasil lolos dari 41 orang yang lain.

Alhamdulillah, gw mendapatkan skor 641 di utbk berkat bantuan doa keluarga dan juga zenius yang terus bantu gw menggapai mimpi yang gw pengenin. Terimakasih banyak buat keluarga gw, temen temen gw yang selalu support dan juga zenius yang udah ngegratisin aksesnya buat para pejuang UTBK 2020.

Oh iya, untuk kalian para pejuang 2021, semangat!! Jangan pantang menyerah, jangan sedih kalo misalkan nggk keterima di SNMPTN, masih ada banyak peluang yang menanti mu.

Jangan takut untuk mengambil resiko, jangan sedih kalo misalkan dapet rangking bawah, jangan sedih kalo misalkan susah pas belajar. Itu semua merupakan kerja keras lu, kalo lu capek belajar, itu artinya lu sedang berproses. Menurut gw, sukses itu merupakan proses pembelajaran, ketika gagal kita terus berjuang hingga berhasil. Nikmatin aja prosesnya kawan. Mantap.


-Faisal Rafi Ghani


 













Komentar